DIANPINSAT 2

04-09-2019
Dianpinsat adalah salah satu bentuk pelatihan yang diperuntukkan bagi Pramuka Penegak. Disebut Pramuka Penegak, berarti sudah lulus syarat kecakapan umum (SKU) Penegak Bantara. Karena sebelum menjadi Penegak Bantara Pramuka tersebut baru menjadi Calon Penegak.
 

Pertama, melatih dan mengembangkan sifat kepemimpinan. Hal ini ditunjukkan dengan sistem pelaksanaan dianpinsat yang beregu. Semua peserta dikelompokkan dalam sangga-sangga dengan pemimpin sangga berganti-ganti selama kegiatan. Rolling pinsa tersebut dimaksudkan agar setiap peserta pernah merasakan beban tanggung jawab sebagai pimpinan.

Kedua, mengembangkan keterampilan-keterampilan kepramukaan (scouting skills). Jangan membayangkan keterampilan kepramukaan bagi penegak sama persis dengan penggalang seperti: sandi morse, semaphore, peta pita, peta lapangan dan sebagainya. Ketrampilan yang hendaknya dikuasai oleh penegak lebih praktis namun lebih luas. Berkaitan dengan segala keterampilan yang diperlukan dalam berkegiatan di alam terbuka. Seperti keterampilan tentang cara yang baik mengelola tapak perkemahan, pengetahuan survival, penjelajahan, bahkan sampai pengetahuan cara mengatur menu makanan yang sehat ketika berkemah.

Ketiga, menanamkan pada Pramuka Penegak tentang manfaat dan pentingnya berkegiatan secara terorganisir dalam sangga maupun dewan ambalan.

 Gambar mungkin berisi: 10 orang, orang berdiri dan luar ruangan
 
Gambar mungkin berisi: satu orang atau lebih
 
 
 
 
Berita Lainnya
Agenda
E-Learning
Info Alumni
Statistik
Ikuti Kami
Akademik Fasilitas Ektrakurikuler Artikel Hubungi Kami Login Siswa

© 2013 SMA K Santo Yoseph Denpasar developed by vertico Indonesia. All rights reserved